DIES NATALIS UNJ KE- 58: PESTA OLAHRAGA


SIGMA TV UNJ - Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke- 58 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan berbagai macam acara, salah satunya yaitu kegiatan Pesta Olahraga Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia. Acara ini diselenggarakan sejak tanggal 25 Mei 2022 hingga 24 Juni 2022 dengan 12 cabang olahraga yang dilombakan, meliputi atletik, renang, bulutangkis, tennis, taekwondo, pencak silat, karate, futsal, sepak takraw, petanque, bola voli, serta bola basket. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan mengembangkan dan meningkatkan prestasi olahraga khususnya di tingkat mahasiswa, juga acara ini menjadi wadah kompetisi bagi kebangkitan olahraga di perguruan tinggi.

Diikuti oleh 105 perguruan tinggi se-Indonesia dengan 1.800 jumlah peserta dan total sekitar 1000 medali. Acara diselenggarakan di delapan venue yang berbeda untuk menyesuaikan cabang olahraga yang berbeda-beda, seperti Stadion Atletik Rawamangun, Kolam Renang Ragunan, HALL A UNJ, GMSB Kuningan, UNJ SPORT COMPLEX, GOR Cempaka Putih, Lap. Petanque FIK UNJ, dan GOR UNJ. Total hadiah yang diperebutkan sebesar 100 juta rupiah untuk juara umum dari semua cabang olahraga. Juara di setiap cabang olahraga juga akan memperoleh medali, sertifikat, dan tropi. Perolehan medali sementara per 14 juni 2022 masih diungguli oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan total 96 medali, disusul oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Esa Unggul dengan masing-masing total 26 dan 14 medali. Di urutan keempat terdapat Universitas Trisakti dengan perolehan 11 medali serta Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada urutan kelima dengan total 20 medali.

Pesta olahraga ini ditujukan sebagai ajang seleksi bagi para atlet untuk mewakili kontingen DKI Jakarta di POMNAS yang akan diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat pada November mendatang. Seleksi ini tidak mengambil seluruh anggota dalam tim yang menang, melainkan hanya beberapa dari satu tim yang akan lanjut ke seleksi tahap berikutnya.

“Tapi, tidak ada jaminan juga orang-orang yang menang sudah pasti otomatis ikut,” jelas Bajuri Faddillah Amin, M.Pd, Ketua Pelaksana Pesta Olahraga.

Awalnya UNJ ingin menyelenggarakan pesta olahraga di tingkat DKI Jakarta dengan tujuh cabang olahraga saja, Pesta Olahraga antar Universitas baru pertama kali diadakan oleh UNJ dengan persiapan yang cukup singkat pada Dies Natalis yang ke-58 ini. Mengingat sudah 2 tahun UNJ tidak menyelenggarakan acara keolahragaan secara offline, maka diadakanlah pada tahun ini pesta olahraga berskala nasional.

Dengan persiapan dalam waktu 3 bulan dan melewati proses diskusi yang sangat panjang, Bajuri Faddillah Amin, M.Pd, selaku ketua pelaksana menyebutkan ada beberapa kendala yang dialami. “Kendala yang kami hadapi dalam proses persiapan sampai dengan pelaksanaan kegiatan ini tentunya yang paling utama adalah SDM,” jelasnya. Dua tahun dilanda pandemi mengkondisikan kegiatan mahasiswa yang serba online sehingga tidak mudah bagi para atlet untuk mengikuti kegiatan olahraga ini.

Para atlet yang bertanding sangat mengapresiasi acara Pesta Olahraga antar Perguruan Tinggi karena sejak pandemi dua tahun terkahir, sudah tidak ada lagi acara olahraga sebesar ini. Mereka juga berharap tahun-tahun selanjutnya acara seperti ini bisa diadakan lagi karena dirasa bermanfaat membantu mahasiswa-mahasiswa yang ingin menunjukan bakatnya di bidang olahraga. Pihak penyelenggara juga memiliki harapan yang sama mengenai acara ini. “Harapan kami, Pesta Olahraga antar Perguruan Tinggi ini akan dilaksanakan secara periodik,” ungkap Bajuri Faddillah Amin, M.Pd.

Tentunya hal ini bertujuan agar kompetisi terjadwal rutin sehingga para atlet dan pelatihnya bisa mempersiapkan yang terbaik dari jauh-jauh hari. “Kita bisa berkolaborasi lebih baik lagi dengan instansi yang terkait sehingga kegiatan ini bisa menjadi kegiatan yang lebih besar dan bermanfaat bagi para olahragawan khususnya di kalangan mahasiswa,” tambahnya.

Total hadiah yang diperebutkan sebesar 100 juta rupiah untuk juara umum dari semua cabang olahraga. Juara di setiap cabang olahraga juga akan memperoleh medali, sertifikat, dan tropi. Perolehan medali sementara per 14 juni 2022 masih diungguli oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan total 96 medali, disusul oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Esa Unggul dengan masing-masing total 26 dan 14 medali. Di urutan keempat terdapat Universitas Trisakti dengan perolehan 11 medali serta Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada urutan kelima dengan total 20 medali.

74 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua