Gedung Baru UNJ : Bagaimana Kelanjutan dan Transparansinya?



SIGMA TV – Rabu, 21 April 2021. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) saat ini sedang dalam pembangunan tahap kedua yang dinamakan The Development and Upgrading of the State University of Jakarta Project (Phase -2). Namun, sampai saat ini belum terlihat adanya pengerjaan dari proyek pembangunan tersebut. Pembongkaran gedung-gedung lama telah dilakukan sepanjang tahun 2020. Rencananya, pembangunan gedung baru tersebut berlokasi di sekitar bekas gedung O, P, Q, R, B, S, N, teater dan parkir gedung N. Dalam pembangunan ini, pihak UNJ menjalin kerja sama dan mendapat kucuran dana yang berasal dari Saudi Fund For Development (SFD).


Pembangunan tahap kedua akan mencakup 4 gedung baru untuk kegiatan pendidikan yang terdiri dari 10 lantai berisi ruang kelas, laboratorium, ruang pengelolaan, dan ruang pendukung lainnya dengan total luas 39.825 M2 dan 1 gedung baru untuk pusat pengembangan pendidikan karakter dengan tinggi 5 lantai dan luas 3.300 M2. Perkiraan dana yang dibutuhkan menurut data yang dirilis SFD adalah sekitar Rp 400 Milyar. Menurut informasi dari bapak Jafar Amiruddin, selaku manajer proyek SFD, “untuk loan itu kurang lebih sekitar Rp 400 Milyar kita alokasikan untuk fisik gedung, kemudian ada tambahan loan sebesar Rp 20 Milyar dialokasikan untuk furniture,” jelasnya.


Namun, hingga kini belum tampak adanya tanda-tanda pembangunan tersebut mulai berjalan. Hal ini dikarenakan adanya pergeseran jadwal akibat perubahan regulasi, yang membuat proses pembangunan ini menjadi terhambat. Selain itu, perencanaan pembangunan harus disetujui oleh pihak SFD selaku pemberi dana dan mendapat persetujuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pak Jafar juga menambahkan, “pembangunan tower IA dan IB kalau dimulai bulan Juli kemungkinan bisa diselesaikan sekitar bulan Oktober 2022 dan kemudian tower IIC, IID pada tahun 2022 sudah bisa kita bangun dan kemungkinan selesai awal tahun 2024,” lanjutnya.


Proses pembangunan gedung-gedung baru ini diperkirakan memerlukan jangka waku yang cukup lama, yaitu 33 bulan. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu sektor kegiatan akademik mahasiswa UNJ khususnya mahasiswa baru kedepannya. Diharapkan realisasi pembangunan tahap kedua segera terlaksana agar kegiatan akademik di lingkungan UNJ berjalan lancar dan nyaman bagi seluruh mahasiswa. (Sigma TV/Erlangga)

556 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua