Gempita Opening PKKMB UNJ 2022 Setelah 2 Tahun Daring


SIGMA TV UNJ - Senin (22/08/2022), Acara pembukaan PKKMB tingkat Universitas kembali dilaksanakan secara luring setelah 2 tahun dilaksanakan dengan sistem daring akibat pandemi Covid-19. Sebanyak 65% dari total 5.117 mahasiswa baru mengikuti pembukaan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta 2022, yang diselenggarakan di Stadion Atletik Rawamangun. PKKMB Universitas Negeri Jakarta 2022 mengangkat tema, “Mewujudkan Mahasiswa Unggul dan Berprestasi di Era Digital”. Acara ini ditujukan untuk mengenalkan kehidupan kampus baik dari lingkup universitas, fakultas, ataupun prodi bagi mahasiswa baru.


Kehadiran para mahasiswa baru UNJ ini disambut oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia, Bapak Nadiem Makarim melalui sebuah rekaman video. “Fase ini adik-adik jauh lebih leluasa untuk belajar sesuai dengan bidangnya masing-masing, sebagai bekal untuk menentukan arah masa depan. Dengan adanya MBKM mahasiswa diharapkan untuk merasakan kesempatan serunya belajar di luar kampus mulai dari magang, studi independen bersertifikat, melakukan projek riset, projek kemanusiaan, atau projek wirausaha sampai ikut pertukaran mahasiswa,” tuturnya.


Pembukaan PKKMB juga dimeriahkan dengan penampilan tari tradisional dari Unit Kesenian Mahasiswa UNJ serta dibuka secara simbolis dengan sesi penyalaan obor oleh rektor. Hal menarik dari sesi ini adalah talent terakhir yang menyerahkan obor merupakan atlet atletik yang telah memenangkan 2 kali kejuaraan PON, yaitu Lidya Artika. Makna sisi estafet obor ini adalah ketika kita menginginkan sebuah hasil yang ingin kita capai, harus melewati beberapa proses.


Selain itu, dilakukan penyematan slayer dan nametag kepada 16 orang perwakilan fakultas sebagai bentuk simbolis dengan dibukanya rangkaian PKKMB.


PKKMB tahun sebelumnya ada dimasa pandemi, dan untuk tahun ini situasinya sudah aman, jadi PKKMB bisa dilakukan secara hybrid, sementara opening dan closing dilaksanakan secara full luring. PKKMB fakultas dan prodi dilaksanakan secara hybrid memadukan daring dan luring.


Penyesuaian pelaksanaan opening PKKMB 2022 di tengah pandemi yang dilakukan dengan protokol ketat dari mulai memakai masker, hand sanitizer, maupun sarung tangan untuk mengantisipasi dalam masa pandemi. Ketentuan PKKMB minimal mahasiswa baru harus vaksin booster, jika hanya vaksinasi kedua mereka disarankan harus tes PCR.


Kegiatan ini pun tidak terlepas dari tanggapan dan harapan mahasiswa baru yaitu Regina dan Muqi yang mengikuti opening PKKMB UNJ 2022. "PKKMB UNJ tahun ini tentunya seru, menghibur, meskipun tadi sedikit panas. Bagian favorit yaitu di bagian yel-yel yang energik dari fakultas masing-masing. Harapannya seminggu kedepannya lebih tau mendalam lagi dunia kuliah, dapat relasi lebih banyak dan semoga di masa PKKMB untuk kedepannya lebih baik lagi,” ujar mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mengikuti PKKMB UNJ 2022.


Dalam sambutan dan sekaligus laporan kegiatan, Prof. Dr. Komarudin, M.Si selaku Rektor UNJ, menyebutkan tanggapan serta harapan mengenai PKKMB UNJ 2022. “Kegiatan PKKMB secara luring ini sebagai wahana adaptasi awal bagi mahasiswa baru, untuk nanti kedepannya bisa mengikuti perkuliahan secara luring walaupun dalam kebijakan UNJ masih melihat kondisi Jakarta, dan sekarang ketentuannya masih luring itu praktikum, sementara yang teori masih daring, seiring kita mempelajari kondisi yang ada, sehingga kita masih tetap harus mengikuti protokol yg ada. Harapannya kepada mahasiswa baru UNJ harus menjadi mahasiswa pejuang, mahasiswa dengan diversity ketangguhan, kegigihan didalam mencapai cita-cita agar mereka memiliki kompetensi yang mumpuni meraih prestasi diberbagai aktivitas akademik kurikuler, ataupun kegiatan kemahasiswaan yang bisa memperkaya soft skill selain hard skill,” ujar Prof. Dr. Komarudin, M.Si.


Dengan diadakannya PKKMB UNJ 2022, diharapkan mahasiswa baru UNJ 2022 mampu beradaptasi di lingkungan kampus, membuka wawasan yang lebih luas lagi serta mahasiswa baru memiliki keintelektualan yang memberikan wadah kreativitas. SIGMATV/ROSMALINA.




49 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua