Pemilihan Mawapres 2021

Diperbarui: 14 Mar 2021


SIGMA TV UNJ Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Negeri Jakarta kembali di selenggarakan, yang berlangsung pada tanggal 8 hingga 10 Maret 2021 di Aula Maftuchah Yusuf, Gedung Dewi Sartika. Acara ini di ikuti oleh sebanyak 19 finalis dari 8 fakultas. Pemilihan mawapres ini merupakan ajang bergengsi UNJ yang bertujuan untuk menyaring mahasiswa-mahasiswi yang tidak hanya berprestasi dibidang akademik, namun juga nonakademik. Berbeda dengan tahun sebelumnya acara ini menggunakan blended system, sehingga penonton yang berada di rumah tetap bisa menyaksikannya melalui live Instagram mawapres UNJ.


Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Wakil Rektor III Bapak Abdul Sukur S.Pd, M.Si dan laporan ketua pelaksana, Noer Syahbani sekaligus pemenang mawapres ter-impressive 2020.


Pemilihan mawapres ini diisi dengan parade dari para finalis, presentasi serta tanya jawab karya tulis ilmiah yang dinilai oleh ibu Aam Amaningsih Jumhur Ph.D. Pemaparan kisah inspiratif, yang dinilai oleh ibu Fellianti Muzdalifah M.Psi, hingga Improptu Speech dimana para Finalis diberikan pertanyaan dalam bahasa inggris dan diharuskan menjawab dalam waktu yang singkat, dinilai oleh Ibu Dr. Widya Parimita S.E, MPA.


Acara penganugerahan mahasiswa berprestasi UNJ 2021 dilaksanakan bersamaan dengan UNJ Award 2021, Berikut para pemenang mawapres UNJ tahun 2021, diantaranya:


Kategori Terinspiratif: Yulia Gusti Wulandari (Fakultas Ilmu Pendidikan)

Kategori Terfavorit: Anisa Fitri Anugrah Sari (Fakultas Ekonomi)

Kategori Karya Tulis Ilmiah Terbaik: Hadi Suseno (Fakultas Teknik)

Kategori Bahasa Inggris terbaik: Samuel Yesaya W (Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam)

Kategori Best Personality: Devara Agtwanndien (Fakultas Pendidikan Psikologi)


Mawapres Utama Jenjang D3: Egy Andarwati S (Fakultas Teknik)

Mawapres Utama Jenjang S1: Siti Pujawati Nurmalasari (Fakultas Bahasa Dan Seni)

Mawapres 2: Syifa Nadhira (Fakultas Ilmu Sosial)

Mawapres 3: Puspo Nagati Paramita N (Fakultas Ilmu Keolahragaan)


“Yang menginspirasi saya adalah kedua orang tua saya, prodi saya dan fakultas saya. Saya ingin memberikan yang terbaik untuk prodi saya, dan orangtua saya” tutur Egy Andarwati selaku mawapres utama jenjang D3.


Egy Andarwati juga berharap, kedepannya harus lebih baik lagi, dan teman teman yang berprestasi serta menginspirasi harus lebih banyak lagi. Dia juga berkata bahwa akan mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk menuju jenjang nasional.


Siti Pujawati Nurmalasari selaku mawapres utama jenjang S1, juga memberitahu apa yang menginspirasinya, “Yang menginspirasi aku yang pertama adalah pembuktian sih sebenernya, karena banyak orang yang menganggap bahwa anak musik itu bisanya cuma main musik, atau bahkan orang-orang nganggepnya tuh kalo musik cuma bisa jadi pengamen. Cuma aku gak suka orang beranggapan seperti itu, terus jadi aku ingin membuktikan, kebetulan ada kegiatan ini ada kesempatan lah ya buat mengikuti ini, mewakili prodi. Akhirnya aku ikut dan maksudnya berusaha lah semaksimal mungkin melakukan yang terbaik dan akhirnya Alhamdulillah”


Siti Pujawati berharap untuk prodinya sendiri, yaitu prodi musik, untuk bisa berkontribusi dan terus menciptakan inovasi-inovasi yang baru dan bisa membawa manfaat untuk Negara Indonesia.


Sementara itu saat ditanya mengenai persiapan kedepannya, Siti Pujawati menjawab belum mempersiapkan apa-apa, “sejauh ini sih aku belum ada persiapan, tapi tentunya aku dengan apa yang sudah aku persiapkan sebelumnya saja dulu, jadi memang belum ada persiapan apapun yang spesifik” tutur Siti Pujawati.


Tak lupa juga, Rektor UNJ, bapak Prof. Dr. Komarudin, M.Si, juga memberikan harapannya untuk mawapres, “Kami mengharapkan mawapres UNJ bisa punya prestasi di tingkat nasional. kalau selama ini kita masih pada peringkat bawah, tapi kedepan kita harapkan mawapres kita bisa paling tidak di tingkat nasional”


Bapak Prof. Dr. Komarudin, M.Si berkata bahwa acara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2021 ini mengalami peningkatan dari sisi pembinaan. Para mawapres tidak hanya dipilih sesuai dengan bakat dan prestasi mereka, tetapi juga dibina untuk mengasah potensi dan skill mereka agar siap menghadapi pemilihan di tingkat nasional.



Dengan demikian, diharapkan mawapres UNJ 2021 dapat memberikan kebermanfaatan bagi diri pribadi maupun orang lain, baik di dalam maupun luar UNJ. karena sejatinya manfaat kehidupan akan tersebar karena manusia bisa berbuat baik. N/A

35 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua