top of page

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Menelan Puluhan Korban Jiwa



SIGMA TV UNJ - Jumat (03/03/2023) Terjadi kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jl. Tanah Merah Bawah, RT 12/RW 9, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara. Sampai saat ini penyebab dari kebakaran tersebut belum diketahui. Pihak Pertamina pun diketahui masih dalam tahap investigasi penyebab kebakaran ini.


Salah satu saksi mata yang merupakan warga setempat memberikan kronologi kejadian kebakaran yang terjadi. “Dikarenakan awalnya hujan disertai petir lalu muncul percikan api yang menyambar Pertamina. Hujan turun sekitar jam 19.00 s.d 22.00 malam dan ledakan terjadi setelah hujan berhenti,” ujar Ricardo Indra.


Indra juga menjelaskan Damkar dan PMI belum datang saat api masih menyala, Indra dan warga setempat memadamkan api dan menemukan 4 korban yang terbakar tetapi hanya 2 korban saja yang bisa tertolong. Indra saat kejadian sedang keluar rumah dan tiba-tiba tercium aroma bensin.


Selain itu, Heri Asmedi selaku Ketua Bidang Penanggulangan PMI Kota Jakarta Utara menjelaskan PMI telah mengevakuasi para korban kebakaran dan beberapa korban telah dirujuk ke rumah sakit, serta membuat beberapa titik pengungsian. PMI menerjunkan 4 unit mobil untuk mengevakuasi korban kebakaran ke tempat yang lebih aman dan mendirikan 3 tenda pengungsian.


“Data korban yang mengungsi 309 jiwa, 151 orang dewasa, 103 anak-anak, 21 lansia, dan 34 balita. Sampai saat ini dikabarkan kebakaran tersebut telah menewaskan 17 orang, 49 orang luka berat, dan 2 orang luka ringan. Korban kebakaran dialihkan ke rumah sakit yang berada di sekitar lingkungan Jakarta Utara Seperti Rumah Sakit Pelabuhan, Rumah Sakit Mulya Sari, Rumah Sakit Pekerja, Rumah Sakit Koja, bahkan sampai ke Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM),” lanjut Heri Asmedi


Pada pukul 04.00 WIB puluhan rumah di area lokasi kebakaran pun tampak padam seusai menjalani proses pemadaman kurang lebih enam jam. Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta mengerahkan total 250 personel pemadam kebakaran dan total 52 kendaraan dari tiga wilayah baik Utara, Pusat dan Timur. Arus listrik di lokasi kebakaran juga dipadamkan untuk menghindari korsleting listrik dan hal-hal tidak diinginkan lainnya. (SIGMA TV/Ardini)


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Komentáře


bottom of page