Kegiatan Vaksinasi Keluarga Besar UNJ

SIGMA TV UNJ – Sabtu (17/07/21) TIM UNJ Sehat bekerja sama dengan Tim Dokter Mabes Polri dan PMII menyelenggarakan Vaksinasi Massal untuk keluarga besar UNJ yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, karyawan honorer, mahasiswa, dan masyarakat umum.


Tujuan diadakannya kegiatan Vaksinasi Massal ini agar keluarga besar UNJ yang belum sempat mendapatkan vaksin, bisa memperoleh vaksin.

Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 – 17.00 WIB di Gedung Dewi Sartika Kampus A UNJ, tepatnya di Aula Latif Hendraningrat.


Menurut Dr. Tresnani selaku Kepala Bidang Pelayanan Poliklinik UNJ, pihak penyelenggara menyiapkan sekitar 1.000 vaksin dan target peserta sebanyak-banyaknya, dengan syarat berusia 18 tahun ke atas. Vaksin yang digunakan yaitu vaksin dosis pertama dengan jenis Sinovac.


“Tadi disampaikan oleh pihak PMII bahwa target vaksinasi itu pesertanya sebanyak-banyaknya jadi target harian itu sekitar 1.000, jadi silahkan yang mau mendaftar. Kemudian vaksinnya Insyallah aman yaitu Sinovac dimana efikasinya masih efektif untuk varian baru delta. Kemudian untuk sasaran vaksinnya usia 18 tahun ke atas,” kata Dr. Tresnani.


Nantinya pelaksanaan vaksinasi dosis kedua akan diadakan sebulan setelahnya yaitu antara tanggal 16 atau 18 Agustus 2021.

Prosedur pelaksanaan vaksinasi dimulai dari validasi peserta vaksin, screening awal, cek kesehatan, penyuntikan vaksin, observasi pasca vaksin, serta pencetakan bukti vaksin. Nantinya peserta juga akan mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19 yang dapat diunduh pada aplikasi Peduli Lindungi.


Untuk menghindari terjadinya kerumunan, maka diberlakukan pembagian waktu kedatangan para peserta menjadi beberapa tahap. Peserta diharapkan datang sesuai jadwalnya masing-masing agar tidak terjadi antrian yang terlalu panjang.

Pihak UNJ memastikan protokol kesehatan yang diterapkan sangat ketat, seperti penggunaan masker, hand sanitizer, dan menjaga jarak. Semua pihak yang terlibat sudah dipersiapkan untuk selalu menjaga ketertiban para peserta pada kegiatan ini dari awal hingga akhir.


Dengan diadakannya Vaksinasi Massal ini diharapkan dapat menekan angka penyebaran COVID-19 terutama pada civitas akademika UNJ. Sigma tv/Ayu Andini.

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua