Kejelasan Kantin Blok M: Tahap Penyempurnaan dan Legalitas


SIGMA TV UNJ - Kantin Blok M Universitas Negeri Jakarta telah selesai dibangun selama 5 bulan, namun sampai saat ini masih belum dapat diketahui kapan kantin akan beroperasi lagi. Dikatakan oleh Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si, selaku ketua Badan Layanan Umum (BLU) Universitas Negeri Jakarta bahwa pembangunan kantin Blok M masih dalam tahap finalisasi. Menurut Pengembang Prasarana dan Sarana Perguruan Tinggi (P2T) yakni pihak yang mewakili universitas dalam pembangunan kantin, menyebutkan bahwa proses administrasi atau legalitas masih belum selesai karena terdapat beberapa kendala seperti pembangunan kantin belum sempurna sesuai dengan rencana yang diminta. Masih terdapat beberapa struktur gedung kantin itu yang perlu diperbaiki. Selain itu, untuk waktu pemindahan pedagang ke kantin yang baru belum ditentukan kapan pastinya, akan tetapi ditargetkan dua sampai 3 bulan kedepan dapat segera dilaksanakan pemindahan, jika sudah ada penyerahan secara resmi dengan dilakukannya acara soft opening dan grand opening yakni untuk pembukaan penggunaan kantin tersebut.


Sebelumnya diketahui bahwa kantin Blok M akan menaikkan harga per kiosnya. Alasannya karena kantin yang baru ini fasilitas dan tempatnya lebih baik dari kantin yang sebelumnya, sehingga membutuhkan biaya yang besar dalam pembangunannya. Kemudian untuk biaya perawatan kantin tidak lagi mengambil dari pihak kampus, tetapi akan berasal dari semua proses kegiatan yang ada di kantin.


Bukan hanya biaya sewa yang berubah, sistem pembayaran kantin juga mengalami perkembangan. Alur pembayaran di kantin yang baru ini direncanakan akan menggunakan sistem cashless, yakni pembayaran tanpa uang tunai. Alasannya untuk mengurangi kecurigaan serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembayaran. Rencana lain juga menggunakan qris. Dari sistem tersebut nanti penat-penat akan mengumpulkan bon, yang pada setiap sore akan diperhitungkan hasil transaksinya sebelum akhirnya diberikan ke para pedagang lalu dijelaskan akan dilakukan pemotongan terlebih dahulu untuk pembayaran uang kebersihan hal ini dikarenakan uang sewa dan kebersihan itu berbeda. Uang kebersihan ini dilakukan tiap perbulan.


Dari pembangunan ini akan Terdapat beberapa fasilitas terbaru kantin, mulai dari kursi dan meja di setiap kios, kamar mandi di 2 lantai, tangga disabilitas, koneksi wifi, dan penyaringan limbah minyak. Sistem penyaringan ini antara lain ketika air pembuangan dibuang tidak akan langsung menuju ke saluran pembuangan tetapi akan disaring dahulu menggunakan saluran penyaring khusus untuk menyaring minyak, jadi minyak ini tidak langsung menuju ke saluran.


Kantin Blok M nantinya akan dikelola oleh pihak BPU hal tersebut dikarenakan sudah menjadi pekerjaan mereka untuk mencari income bagi universitas demi keberlanjutan program studi. Direncanakan pihak BPU akan membentuk petugas khusus, untuk melakukan sharing atau pembagian penghasilan. Darma Wanita yakni para istri petinggi universitas juga akan terlibat dengan peran sebagai pengawas untuk proses ini. (SIGMA TV UNJ / Ajeng Salisa Salsabila)




44 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua