top of page

Kembangkan Sayap Pembangunan, UNJ Siap Bangun Technopark Kampus F Duren Sawit Cluster Botani



SIGMA TV UNJ — Kamis (27/04/2023) laman instagram @psp2t.unj mengunggah masterplan Technopark Cluster Botani Kampus F UNJ yang berada di wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur. Rencana pembangunan Education Technopark Cluster Botani ini disusun sejak tahun 2022 lalu.


Kepala Unit Pengembangan Sarana dan Prasarana Perguruan Tinggi (PSP2T) Universitas Negeri Jakarta, Mahaputera Kesumanegara S., S.ST menjelaskan tujuan dari pembangunan Education Technopark UNJ Cluster Botani adalah untuk membangun taman yang berhubungan dengan teknologi dan edukasi.


“Selain itu untuk menciptakan iklim penelitian pada perguruan tinggi terutama di UNJ, mendekatkan dengan perusahaan swasta untuk komersialisasi dan menjadi ajang penelitian bagi mahasiswa,” ujar Pak Putera.


Pak Putera juga menjelaskan bahwa pembangunan ini dilaksanakan karena adanya hibah yang diberikan oleh beberapa program studi UNJ dan telah disetujui oleh pimpinan UNJ hingga terlaksananya perencanaan proyek. Education Technopark UNJ juga berencana akan digunakan oleh program studi yang berhubungan dengan penelitian, teknologi dan pembangunan ekonomi, seperti program studi Biologi dan Tata Boga.



Adapun beberapa fasilitas yang terdapat dalam masterplan, terdiri dari Laboratorium Biologi, Laboratorium Boga, Cooking for Kids, playground dan kandang untuk kambing, ayam dan kelinci. Pada area kolam terdapat kolam ikan, pembenihan, dan canopy trail. Bagian lainnya akan dibangun penangkaran burung dan kupu-kupu serta flying fox. Untuk saat ini, pembangunan tersebut sudah melewati tahap perencanaan pembangunan (masterplan) dan berada di tahap Detail Engineering Design (DED). Education Technopark UNJ direncanakan akan dibangun secara fisik pada Agustus mendatang.


"Harapannya untuk cluster F Botani ini bisa berjalan tepat waktu, kemudian bisa memenuhi kaidah-kaidah peraturan pemerintah dan daerah, lalu di fase tender harapan kami tidak ada fraud diproses tendernya, kontraktor yang didapat qualified dan semoga Education Technopark UNJ bisa dilengkapi sertifikat layak fungsi ketika selesai dibangun," tutur Pak Putera.


Menanggapi hal tersebut, beberapa mahasiswa pun turut memberi tanggapan terkait pembangunan Education Technopark Cluster Botani ini. "Semoga pembangunan ini bisa lebih bermanfaat kedepannya terutama untuk mahasiswa sendiri maupun untuk umum juga," tutur Azzahra, salah satu mahasiswa Ilmu Komputer, Universitas Negeri Jakarta.


Pembangunan Education Technopark UNJ diperkirakan memerlukan waktu selama kurang lebih 5 bulan pengerjaan dan akan selesai dibangun pada Desember mendatang. Pembangunan yang terbilang relatif cepat ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu sehingga dapat memberikan manfaat bagi civitas academica UNJ. SIGMA TV/Khoirunnisa


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page