Komunitas Informal UNJ

SIGMA TV UNJ – Senin(21/6/21) Komunitas umumnya terbentuk dari beberapa individu yang memiliki ketertarikan dan tempat yang sama. Sekumpulan orang yang memiliki hobi dan ketertarikan pada suatu hal yang sama, biasanya akan membentuk suatu perkumpulan yang biasa disebut dengan komunitas. Berikut ini adalah contoh dari beberapa komunitas yang berada di lingkup Universitas Negri Jakarta (UNJ) ; Komunitas Cat Lovers, Komunitas Stand Up Comedy UNJ, Komunitas Sendra Tari, Komunitas Lingkar Inspirasi, dan masih banyak komunitas lainnya. Komunitas-komunitas tersebut tentu memiliki tujuan dan keunikannya masing masing.


Salah satunya, solidaritas pemuda rawamangun atau yang biasa disebut Spora. “Spora sendiri lahir pada tanggal 6 maret 2006. Spora merupakan organisasi pergerakan pemuda pemuda yang juga bergerak dalam ranah wacana maupun praksis dalam pergerakan khususnya di kampus” imbuh Ramli, salah seorang anggota dari Spora. Selain itu, komunitas spora juga aktif dalam membicarakan isu-isu yang sedang berkembang di kampus maupun dataran yang lebih luas. Tidak hanya mahasiswa UNJ secara umum, Spora juga terbuka untuk masyarakat yang bertempat tinggal di sekitaran Rawamangun.


Senada dengan Spora, Komunitas Stand Up Comedy UNJ juga terbuka untuk non-mahasiswa UNJ. Karena menurut informasi dari anggota Komunitas Stand Up UNJ, Hyang Helmi Habibi, “Komunitas Stand Up UNJ ini bermula dari 4 orang mahasiswa FIS yang memiliki ketertarikan pada Stand Up Comedy kemudian berkeliling komunitas regional di Jabodetabek yang akhirnya menemukan kesamaan yaitu sesama mahasiswa UNJ dan akhirnya membentuk komunitas stand up UNJ”.


Perkembangan komunitas-komunitas yang ada di UNJ dinilai cukup masif. Para penggiat komunitas ini berharap komunitas di UNJ tidak lagi dipandang sebelah mata. Karena dengan adanya komunitas-komunitas ini di UNJ, dapat menjadi wadah yang menarik untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa UNJ serta mewarnai pergerakan-pergerakan yang ada di UNJ tidak hanya dari organisasi-organisasi intra kampus. SigmaTv/AS



18 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua