Olympic Movement Goes to Campus: Bentuk Kerjasama KOI dengan UNJ



SIGMA TV UNJ - Rabu (02/03/22) Komite Olahraga Indonesia telah menyelenggarakan Olympic Movement Goes to Campus di Universitas Negeri Jakarta sebagai bentuk kerjasama sosialisasi dalam bidang olahraga. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 2 Maret 2022 pukul 08.30 WIB hingga 11.00 WIB secara hybrid melalui luring tepatnya di Gedung Pascasarjana Aula Bung Hatta, Kampus A UNJ dan daring di Zoom Meeting.


Olympic Movement Goes to Campus merupakan event sosialisasi gerakan olimpiade yang menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan olimpiade. Event ini pertama kali diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan laporan Wakil Rektor III UNJ serta sambutan yang disampaikan oleh Rektor UNJ dan Ketua NOC Indonesia. Lalu penyampaian materi oleh Richard Sam Bera, kemudian ditutup dengan foto bersama.


Sebanyak 62 orang menghadiri kegiatan Olympic Movement Goes to Campus ini, terdiri dari 38 peserta luring dan 24 peserta daring. Peserta yang hadir secara luring terdiri dari 24 Ketua ORMAWA dan seluruh Ketua BEM tingkat Program Studi. Sedangkan, daring terdiri dari Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Pimpinan UNJ, Kepala Pusat Peningkatan Prestasi, Pengembangan, Karakter dan Peradaban, Ketua BEM UNJ, Ketua MTM, Koordinator Forum Gedung G, dan Ketua BEM tingkat Fakultas. Antusiasme peserta sangat tinggi, sehingga acara dapat berjalan dengan lancar dan baik.


Dandy Firmansyah selaku Ketua BEM FIK memberikan tanggapan mengenai kegiatan Olympic Movement Goes to Campus. Menurutnya, kegiatan ini sangat bagus, karena dapat mendalami nilai-nilai olimpiade untuk diri sendiri, terutama dari poin respect dan excellent. Tak hanya itu, menurutnya pengaruhnya cukup baik karena dengan kedua point tersebut individu akan respect terhadap dirinya sendiri dan lingkungan sosialnya, serta nilai ini sangat bagus jika diterapkan dalam kurikulum pendidikan dan sangat berguna bagi diri sendiri.


Raja Sapta Cipta selaku Ketua NOC Indonesia mengungkapkan tujuan dari kegiatan Olympic Goes to Campus, “Agar dapat menyebarkan semangat olympictism di kampus-kampus, khususnya dari UNJ. UNJ merupakan kampus pertama yang kita pilih sebagai tempat dilaksanakan Olympic Goes to Campus ini. Diselenggarakannya kegiatan ini akan menjadi benchmark untuk kita template atau duplikasi ke kampus lain. Selain itu, generasi muda dapat terlibat langsung setiap kegiatan olimpiade di Indonesia,” tuturnya.


Kegiatan ini pun tidak terlepas dari harapan dan rencana jangka panjang. Menurut Dr. H. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat dan pelaksanaannya dalam pembinaan karakter untuk mahasiswa. Tak hanya itu, rencana jangka panjang kegiatan ini dapat diterapkan sebagai salah satu mata kuliah terbaik pembinaan karakter dan mata kuliah bidang olahraga, karena terdapat 3 nilai yang terkandung sebagai pengamalan dalam aspek kehidupan. Pengimplementasian kegiatan ini, secara teknis akan ditinjau kembali bersama pihak UNJ dan NOC Indonesia, serta dapat diterapkan dalam mata kuliah atas seizin para Pimpinan UNJ.


“Tentunya supaya ini bisa membawa manfaat untuk kita semua dan bisa diterapkan dalam pembinaan karakter untuk mahasiswa. Dan tentunya rencana kedepan seizin pak rektor dan para pimpinan ini menjadi salah satu mata kuliah terbaik untuk pembinaan karakter maupun untuk matkul bidang olahraga penjas, karena nilai-nilai yang terkandung didalamnya ada 3 friendship, respect, dan excellent,” kata Dr. H. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan.


Dengan diselenggarakan kegiatan Olympic Movement Goes to Campus di lingkungan UNJ, diharapkan Universitas Negeri Jakarta dapat menjadi pelopor utama untuk meningkatkan semangat juang para mahasiswa dalam kegiatan olimpiade. SigmaTV/Shafna Aulia


168 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua