top of page

Penmaba 2024 : Jadwal dan Materi Jalur Mandiri Ujian Tulis UNJ



SIGMA TV UNJ - Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru jalur mandiri atau biasa disebut dengan PENMABA adalah sistem seleksi mandiri yang disediakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kepada calon mahasiswa baru untuk menjadi bagian sivitas akademik UNJ. Pada tahun 2024, dilansir dari laman resmi PENMABA UNJ – Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas  Negeri Jakarta, terdapat enam jenis seleksi jalur masuk mandiri, seperti jalur masuk dengan ujian tulis,  jalur yang berdasar pada nilai rapor, jalur nilai UTBK, jalur yang berdasar pada prestasi lomba maupun  non lomba, dan jalur disabilitas.


Daya tampung atau kuota yang disediakan dari seleksi PENMABA jalur ujian tulis sebesar 20% dari seluruh seleksi penerimaan. Untuk pelaksanaan tes tulis dilaksanakan dengan dua pola, yaitu secara luring dan daring. Pelaksanaan tes luring dilaksanakan di berbagai lokasi yang telah ditentukan di sekitar lingkungan UNJ seperti Gedung Dewi Sartika (GDS), UPT-TIK, Gedung Fakultas Teknik, dan Gedung Pascasarjana atau Gedung M (Fakultas Ekonomi). Tahun ini pihak UNJ bekerjasama dengan  SMKN 1 Jakarta dan SMKN 50 untuk memperbanyak lokasi ujian. Pelaksanaan tes yang dilakukan secara luring ini diperuntukan bagi  peserta yang berdomisili di pulau jawa dan peserta dengan pilihan program studi dengan ujian keterampilan seperti seni rupa dan olahraga maupun non ujian keterampilan. Pelaksanaan tes tulis secara daring diperuntukan bagi peserta yang berdomisili  di luar pulau jawa serta tidak memilih program studi yang terdapat uji keterampilan. 



Tanggal pendaftaran untuk PENMABA jalur ujian tulis ini dimulai dari tanggal 22 Mei - 28 Juni 2024. Terdapat empat materi yang akan diuji, yaitu pengetahuan kognitif, penalaran  matematika, literasi bahasa Indonesia, dan literasi bahasa Inggris. Selain itu terdapat materi  yang berupa uji keterampilan berdasarkan pada program studi  yang dipilih peserta. 


Pelaksanaan PENMABA jalur ujian tulis ini dibagi menjadi dua gelombang, gelombang  pertama dimulai dari tanggal 8 – 12 Juli 2024, dan untuk gelombang kedua dimulai dari tanggal  15 – 18 Juli 2024. Selain itu, proses pelaksanaannya akan terbagi menjadi dua sesi yaitu, hari  Senin hingga Kamis, sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga pukul 10.50  WIB. Sedangkan, sesi kedua dimulai pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.30  WIB. Khusus jadwal di hari Jum’at, sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga  pukul 10.50 WIB. Sedangkan sesi kedua dimulai pada pukul 13.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. 


Berdasarkan wawancara dengan kepala Admisi UNJ, Iuran Pengembangan Institusi (IPI) tidak menjadi faktor penentu kelulusan, sehingga para calon peserta dapat memilih Rp 0 pada seluruh program studi. Oleh karena itu, penilaian dari seleksi jalur Penmaba UNJ ujian tulis berpatokan pada nilai dan prestasi yang didapat oleh peserta. SIGMA TV/Amara Juliana


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page