top of page

Peran Civitas Academica dalam Pemilihan Rektor UNJ 2023-2027



SIGMA TV UNJ — Universitas Negeri Jakarta tengah melaksanakan rangkaian pemilihan rektor UNJ periode 2023-2027 sejak 21 Maret 2023. Rangkaian tersebut terdiri dari tahap penjaringan, penyaringan, dan pemilihan yang akan dilaksanakan pada 17 Juli 2023 mendatang.


Setiap bakal calon akan memaparkan visi dan misinya secara terbuka pada 7 Juni 2023 yang akan disaksikan oleh seluruh civitas academica UNJ. Dalam pemaparan visi dan misi, civitas academica UNJ memiliki kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan mengajukan pertanyaan kepada para bakal calon rektor mengenai visi dan misi mereka.


Prof. Dr. Henry Eryanto., M.M., selaku Ketua Panitia Pemilihan Rektor menjelaskan bahwa, "Seluruh civitas academica Universitas Negeri Jakarta akan melihat bakal calon tersebut pada saat mereka menyampaikan visi, misi dan program kerjanya. Tentunya mereka akan melakukan diskusi atau bertanya. Jadi di situ keterlibatan civitas academica, khususnya dosen, mahasiswa dan juga karyawan," ujarnya.



Pendapat civitas academica nantinya akan menjadi pertimbangan bagi senat untuk memilih tiga calon rektor yang akan diajukan ke Kementrian Pendidikan. Dalam pemilihan rektor, menteri pendidikan memiliki hak suara sebanyak 35% dan Senat Pemilihan Rektor memiliki hak suara sebanyak 65%.


Mahasiswa sebagai salah satu bagian dari civitas academica juga berperan dalam mengawal pergantian rektor UNJ. Dalam hal ini mereka berharap mendapatkan rektor yang dapat mendengarkan aspirasi mahasiswa. Ilham Maulana selaku Kepala Departemen Dalam Negeri BEM UNJ berpendapat, “Kami memiliki salah satu harapan bahwasannya rektor harus memiliki kesiapan untuk dikritik dan diberi masukan. Karena tentunya orang yang bersikap baik dan berjiwa besar, akan menjadi lebih baik ketika diberi masukkan atau kritik. Oleh karena itu kami mahasiswa berharap diberi rektor seperti itu dengan harapan kita bisa memaksimalkan koordinasi, memaksimalkan kontribusi, agar dapat menciptakan UNJ yang lebih baik baik dari segi internal maupun eksternal," ujarnya.


Sesuai dengan tema pemilihan rektor tahun ini, yaitu “Memilih Pemimpin UNJ yang Egaliter dan Berkelanjutan” yang diharapkan dapat melanjutkan program-program yang sudah ada agar lebih baik lagi. Hal ini sesuai dengan tujuan Universitas Negeri Jakarta untuk menjadi universitas yang bereputasi di dunia.


Sejauh ini terdapat empat nama yang mendaftar dan menyerahkan berkas pendaftaran calon rektor UNJ, diantaranya Dr. Muhammad Rif`an S.T, M.T., Prof. Dr. Ucu Cahyana M.SI., Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd., dan Prof. Dr. Komarudin,, M.Si.,

SIGMA TV/Rizky Diva Suryana.


70 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

댓글


bottom of page