Perobohan Gedung F: Realisasi Pembangunan UNJ


SIGMA TV UNJ - Selasa (15/03/22). Beredar kabar mengenai perobohan Gedung F, Prodi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Belum ada kepastian mengenai kapan gedung ini akan dirobohkan, tetapi menurut kesaksian beberapa mahasiswa Pendidikan Seni Rupa UNJ 2020, Gedung F sudah kosong karena dilakukan pemindahan barang atas intruksi yang diberikan oleh pihak prodi dalam bentuk broadcast yang tersebar di WhatsApp.


Bapak Dr. Indro Moerdisuroso, M.Sn. selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Seni Rupa UNJ mengungkapkan tujuan dari kebijakan demolish tersebut.


“Mengenai kebijakan demolish tersebut kan, memang levelnya universitas. Karena yang akan di demolish itu untuk tahap sekarang itu selain Gedung F juga Gedung E, Gedung GE, Gedung D, Gedung C, Gedung B. Jadi sederet ini semua akan di demolish, sehingga memang kebijakannya itu dari universitas mencakup keseluruhan gedung itu. Tidak hanya Gedung F,” katanya.


Selain itu, Pak Indro juga mengungkapkan bahwa ada pemberitahuan resmi mengenai gedung yang akan di demolish. Beliau mengatakan pihak universitas sudah memberikan informasi tentang perpindahan, mekanisme perpindahan, juga lokasi sementara yang akan dipakai ketika proses demolish gedung - gedung tersebut.


Perobohan gedung memang belum mendapat kepastian terkait pelaksanaannya, namun Koordinator Prodi Pendidikan Seni Rupa mengatakan perobohan dan pembangunan kembali akan dilaksanakan tidak jauh dari jadwal peletakan baru pertama yang telah dilaksanakan 14 Maret lalu.


Ruang kelas Prodi Pendidikan Seni Rupa untuk sementara akan dipindahkan ke tiga gedung yang berbeda, yaitu ruang studio di Gedung Universitas Terbuka, penyimpanan karya di Gedung Dewi Sartika, dan penggarapan karya di parkiran spiral lantai 3.


Menyikapi kebijakan demolish Gedung F, mahasiswa Pendidikan Seni Rupa didukung oleh HIMA Prodi Pendidikan Seni Rupa menyelenggarakan kegiatan “Roboh Heboh”. Roboh Heboh merupakan kegiatan gambar bersama antara mahasiswa dan alumni Pendidikan Seni Rupa UNJ. Kegiatan ini meliputi Graffiti Jamming, Street Skate, Cypher BBoy, dan Music Karaoke.




Mendung, mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Rupa 2019 sekaligus ketua pelaksana kegiatan Roboh Heboh mengungkapkan tujuan dari kegiatan Roboh Heboh dijalankan.


“Untuk kegiatan Roboh Heboh ya sebagai momentum terakhir yang cuma ada satu kali di dunia. Nggak bisa diulang,” katanya. Tak hanya itu, menurutnya kegiatan ini sebagai kenangan sebab akan susah kedepannya untuk mahasiswa Pendidikan Seni Rupa melakukan kegiatan gambar bersama karena beredar kabar bahwa akan dibangun tower setelah Gedung F dirobohkan.


Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa UNJ berharap mereka mendapat fasilitas dan media berekspresi yang layak, selain itu mereka juga mengharapkan pembangunan kembali Gedung F dapat terlaksana secepatnya agar mereka bisa melakukan aktivitas perkuliahan secara maksimal.


“Harapan aku sebelum lulus, gedung nya udah jadi,” kata Davva mahasiswi Pendidikan Seni Rupa 2020.


Dengan beredarnya kabar perobohan Gedung F, diharapkan Universitas Negeri Jakarta dapat segera memberikan kepastian tentang kabar tersebut dan pembangunan dapat dilaksanakan secepatnya. //Wafa Rahma


97 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua