top of page

SNBT 2023 : UNJ Sediakan Kuota Sebanyak 45%



SIGMA TV UNJ – Senin (22/5/23) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) yang dikelola oleh Badan Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. SNBT ini akan dilaksanakan di dua lokasi internal kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yaitu:

  1. UPT TIK, Universitas Negeri Jakarta, Kampus A Rawamangun Muka, Jakarta Timur

  2. Lab MIPA, Gedung Dewi Sartika, Lantai 5, Kampus A, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun Muka, Jakarta Timur

Sebanyak 25.121 peserta mengikuti SNBT 2023 di UNJ yang terbagi dalam 28 sesi. Setiap hari dilakukan ujian sebanyak 2 sesi dengan kapasitas jumlah peserta sebagai berikut :

  1. UNJ UPT TIK UNJ; kapasitas 340 orang

  2. UNJ Lab MIPA UNJ; kapasitas 200 orang

  3. SMK Negeri 1 Jakarta; kapasitas 140 orang

  4. SMK Negeri 40 Jakarta; kapasitas 140 orang

  5. SMK Negeri 50 Jakarta; kapasitas 140 orang

“Universitas Negeri Jakarta di tahun 2023 terdapat kuota SNBT sebesar 45% dari kuota total yang jumlah kursinya 2.660, untuk SNBP kami menerapkan kuota sebesar 25%, kemudian untuk mandiri yang akan dilaksanakan setelah pengumuman SNBT terdapat kuota sebesar 30%,” tutur Prof. Dr. Suyono, M.Si selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Negeri Jakarta.

Sebagai pusat SNBT, Universitas Negeri Jakarta menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu sebelum memasuki ruangan, mewajibkan penggunaan masker kesehatan, dan menghimbau penggunaan hand sanitizer. Untuk mengantisipasi kecurangan yang kerap dilakukan oleh peserta ujian setiap tahunnya, Universitas Negeri Jakarta menerapkan beberapa kebijakan, seperti menerapkan pemeriksaan metal detector yang dilakukan di setiap ruang setelah peserta duduk di kursi dan semua barang bawaan diletakkan dalam tas.

Banyak persiapan yang dilakukan oleh Universitas Negeri Jakarta untuk menyukseskan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) seperti penerapan protokol kesehatan, penerapan kebijakan terkait keamanan, ataupun ketersediaan dan kelayakan sarana dan prasarana ujian. “Kalau hari ini tidak ada (kendala), hanya reconnecting saja sekitar 1 menit setelah itu tersambung lagi,” ujar salah satu peserta SNBT. Hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan SNBT di Universitas Negeri Jakarta telah berjalan lancar. SIGMA TV/Rio Wahyu


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page