top of page

Solidaritas Palestina: Gerakan UNJ Memperingati 76 Tahun Nakba



SIGMA TV UNJ — Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Salim UNJ mengadakan Gerakan dalam rangka memperingati 76 tahun Nakba pada Rabu (15/05), bersama dosen dan para mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Gerakan ini dilaksanakan di Kampus A UNJ.


Nakba secara harfiah berarti bencana merupakan peristiwa bersejarah pada 15 Mei 1948, yang menyebabkan ratusan ribu warga Palestina terusir dari tanah air mereka. Peringatan Nakba tidak hanya mengenang sejarah kelam tersebut, tetapi juga menjadi simbol perlawanan dan semangat warga Palestina untuk memperjuangkan Hak mereka.


Gerakan memperingati 76 tahun Nakba, diawali dengan longmarch dari pintu masuk UNJ hingga Plaza UNJ dilanjutkan orasi oleh Dosen, Ketua Umum LDK Salim UNJ, dan perwakilan beberapa fakultas. Ditutup dengan pernyataan sikap dan doa bersama.


M. Yasyakur Rizkullah Noantaria, Ketua Umum LDK Salim UNJ menyampaikan bahwa, "Kami sangat mengutuk genosida yang dilakukan oleh Israel bertepatan dengan Hari Nakba pada tanggal 15 Mei. Hak kemanusiaan dan hak saudara-saudara kita yang bukan hanya dari identitas tertentu harus disuarakan. Mereka seharusnya bisa hidup nyaman dan tentram, tetapi sekarang mereka dibom dan mengalami genosida oleh Israel."



Selain itu, aksi solidaritas untuk Palestina diadakan sebagai bentuk dukungan terhadap situasi yang mereka alami. Partisipasi dalam donasi untuk membantu mereka serta memboikot produk-produk yang terafiliasi dengan Israel menjadi langkah nyata untuk mendukung perjuangan mereka.


Ibu Dr. Helvy Tiana Rosa, S.S., M.Hum., seorang Dosen yang turut hadir dalam aksi tersebut, menyampaikan pesan inspiratif kepada para peserta, "Ayo kaum muda, saatnya kita untuk terus peduli. Peduli pada Palestina bukan berarti kita tidak peduli pada Indonesia. Justru, orang-orang yang peduli pada kejadian di Palestina sekarang adalah mereka yang paling peduli jika terjadi sesuatu di Indonesia. Jadi, jangan dikotak-kotakkan. Tetap semangat."


Dengan adanya gerakan ini, diharapkan agar masyarakat  semakin sadar akan situasi yang dialami oleh warga Palestina dan dapat berkontribusi untuk menciptakan perdamaian serta keadilan. Semoga kesadaran dan aksi nyata yang dilakukan ini dapat memberikan dampak positif dalam memperjuangkan hak-hak warga Palestina dan mendorong terciptanya dunia yang lebih adil dan damai. SIGMATV/Mayyaza Nafilata.


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commenti


bottom of page