UNJ AWARD 2022, Apresiasi prestasi Mahasiswa



SIGMA TV UNJ — Kamis (21/04/2022) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan acara tahunan yang bertajuk UNJ Award 2022 dengan tema “Adaptif dan Berprestasi untuk UNJ Bereputasi di Kawasan Asia.” UNJ Award tahun ini dilaksanakan di Lapangan Basket Kampus B, Universitas Negeri Jakarta dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kemahasiswaan UNJ. Acara yang telah dijalankan sejak tahun 2015 ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada mahasiswa UNJ yang berprestasi, baik secara individu ataupun kelompok.


“Tujuan UNJ Award ini bukan semata-mata hanya memberikan penghargaan, tetapi juga memotivasi mahasiswa agar terus berprestasi di berbagai bidang. Untuk peningkatan kompetensi, keunggulan, dan prestasi maka harus bekerja keras, bersungguh-sungguh dan berlatih, karena dengan pola latihan belajar yang intensif maka semua kompetensi akan muncul dan menghasilkan prestasi,” tutur Prof. Dr. Komarudin, M.Si selaku Rektor UNJ.


Selain dihadiri oleh Rektor, UNJ Award tahun ini juga dihadiri oleh Ketua Senat UNJ, Prof. Dr. Hafid Abbas, para Wakil Rektor UNJ, para Dekan, para Mitra UNJ dan para pejabat lainnya di lingkungan UNJ. Perwakilan mahasiswa yang turut hadir di antaranya, Ketua Forum Gedung G (Student Center), Ketua Ormawa UNJ, Ketua BEM UNJ serta Ketua Opmawa di lingkungan Fakultas dan Program Studi. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UNJ, sambutan dari Rektor, lalu diikuti dengan penampilan band serta hiburan lain yang turut memeriahkan acara, dilengkapi dengan penyerahan lukisan kepada Bapak Prof. Dr. Komarudin, M.Si. dan Dr. Abdul Sukur, S.Pd. M.Si, serta pengumuman pemenang nominasi. Dikarenakan pelaksanaan UNJ Award 2022 bertepatan dengan bulan Ramadan, maka penutupan acara ditandai dengan adanya kajian Ramadan dan dilanjutkan buka puasa bersama.


Adapun kategori nominasi penghargaan yang diberikan antara lain, penghargaan di bidang teknologi dan penalaran, bidang kewirausahaan, bidang seni, bidang keolahragaan, bidang minat khusus, organisasi terfavorit, dan fakultas terfavorit bidang kemahasiswaan dan alumni. Dalam sesi penyampaian laporan dari Wakil Rektor III, Dr. Abdul Sukur M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan bahwa pemilihan nominator di setiap kategori ini dipilih berdasarkan pengisian data prestasi tahun 2021 pada Sipresmawa dan pemungutan suara untuk pemenang di setiap kategori. Jumlah partisipan pemungutan suara yang dilaksanakan pada rentang waktu 15 s.d. 19 April 2022 di laman website wr3.unj.ac.id ini sebanyak 15.014 suara, yang terdiri atas unsur mahasiswa dan dosen.


Acara pemberian penghargaan berlangsung menegangkan sekaligus meriah. Berikut ini adalah para pemenang penghargaan dalam tujuh nominasi UNJ Award 2022,

  1. Bidang Organisasi Terfavorit: Kelompok Peneliti Muda (KPM)

  2. Bidang Penalaran dan Teknologi: Batavia Team

  3. Bidang Minat Khusus: Nida Karima (FBS)

  4. Bidang Keolahragaan: Farah Amalia (FPPSI)

  5. Bidang Seni: Talitha Yasmin (FIP)

  6. Bidang Kewirausahaan: tandatangan.io

  7. Fakultas Terfavorit: Fakultas Teknik


Selain pemberian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, UNJ Award tahun 2022 juga memberikan apresiasi kepada dosen pembimbing yang telah memberikan kontribusi dan dedikasi tinggi sehingga menciptakan mahasiswa yang berprestasi. Shandy Aditya, BIB, MPBS selaku Tim Pengembang Wakil Rektor III mengatakan, “Tadi sudah ada dosen-dosen pembimbing terbaik menurut kategori, itu bisa menjadi benchmark untuk teman-teman dosen lainnya, ketika kita menggunakan hati dalam membantu mahasiswa maka InsyaAllah hasilnya pasti kelihatan.”


Muhammad Rizqi Dwi selaku ketua Batavia Team membagikan ceritanya atas kemenangan Tim Batavia dalam nominasi penghargaan Bidang Teknologi dan Penalaran. Ia memberikan pernyataan bahwa dalam setiap organisasi tentu ada suka dukanya, dengan pengalaman suka duka tersebut kita dapat belajar, berlatih dan berjuang agar dapat terus berprestasi untuk membanggakan kampus dalam kancah nasional bahkan internasional.


Kegiatan UNJ Award diharapkan mampu memberikan motivasi kepada seluruh civitas akademika Universitas Negeri Jakarta agar turut andil dalam memberikan prestasi yang dapat membanggakan kampus, serta mengapresiasi kerja keras mahasiswa yang telah berprestasi. (SIGMA TV/Asa Yahdiani)


39 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua