UTBK 2022: UNJ Menyediakan Kuota SBMPTN 45 Persen



SIGMA TV UNJ – (18/5/22) Universitas Negeri resmi melaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022 di Universitas Negeri Jakarta. Jalur SBMPTN salah satu jalur yang dapat digunakan untuk masuk ke UNJ setelah SNMPTN. Dimana jalur SBMPTN ini menggunakan nilai UTBK hasil tes, sebagai salah satu indikator penilaian untuk layak atau tidaknya lolos di sebuah PTN. Sehubungan dengan dikeluarkannya Surat edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 06/SE.LTMPT/2022 bahwa waktu pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 tidak ada perubahan yaitu untuk Gelombang 1 dilaksanakan pada tanggal 17-23 Mei 2022 dan Gelombang 2 pada tanggal 28 Mei-3 Juni 2022. Ujian UTBK dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu sesi pagi yang dimulai sejak pukul 06.45 hingga pukul 10.30 serta sesi siang yang dimulai sejak pukul 13.00 hingga pukul 16:45.


Tes ujian UTBK SBMPTN 2022 di Universitas Negeri Jakarta dilakukan di beberapa tempat, yakni UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Jakarta, Gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta, serta SMAN 31 JAKARTA, SMKN 7 JAKARTA, SMK 46 JAKARTA dan SMKN 1 JAKARTA yang masih berada dalam lingkungan Universitas Negeri Jakarta.


Prof. Dr. Suyono, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ juga memberikan tanggapan mengenai Pelaksanaan UTBK SBMPTN UNJ 2022. “Mereka memiliki komputer dengan spesifikasi yang memenuhi persyaratan lalu terhubung dengan jaringan walaupun tidak di lokasi UNJ, namun tetap saja kita bisa melakukan koordinasi dan pada saat UTBK berlangsung, terdapat jaringan terbatas di masing-masing tempat penyelenggaraan UTBK jadi tidak full online tesnya, namun di akhir tes kita mengirimkan hasil UTBK ini ke LTMPT dan datanya dari masing-masing mitra nanti disatukan dengan data di UNJ,” tuturnya.


Mengenai Jumlah seluruh Peserta UTBK yang mengikuti Ujian SBMPTN UNJ sebanyak 29.120 setiap harinya yang dilaksanakan pada sesi pagi dan sesi siang, dimana setiap sesinya Universitas Negeri Jakarta melayani 1.040 Peserta tes UTBK. melalui istribusi dari 1.040 tersebut di lokasi Universitas Negeri Jakarta 480 peserta, yakni di SMKN 7 Jakarta sebanyak 160 peserta, SMKN 46 Jakarta sebanyak 120 peserta, SMKN 1 sebanyak 180 peserta dan di SMAN 31 Jakarta sebanyak 100 peserta per sesi. Jadi total dalam 1 hari adalah 1080 peserta.


Kuota penerimaan mahasiswa baru untuk masuk perguruan tinggi negeri termasuk di Universitas Negeri Jakarta memiliki tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, Mandiri. Dengan ketentuannya dari Pemerintah sendiri untuk SNMPTN minimal 20%, SBMPTN 40%, dan Mandiri 30%. Sedangkan, Universitas Negeri Jakarta tahun ini mengambil kebijakan bahwa melalui Jalur SNMPTN 25%, kemudian SBMPTN 45%, dan Mandiri 30%, untuk UTBK SBMPTN Universitas Negeri Jakarta akan menerima sebanyak 2.278 calon mahasiswa yang tersebar dalam 62 program studi jenjang S1, sementara untuk para peserta yang mendaftar di Universitas Negeri Jakarta sebanyak 39.431 dengan rincian yang mendaftar pada kelompok Prodi SAINTEK sebanyak 7.102 orang dan SOSHUM 32.329 orang.


Program Studi yang memiliki keketatan tinggi pada SBMPTN tahun ini untuk kelompok SOSHUM adalah Prodi Ilmu Komunikasi dengan total Pendaftar sebanyak 3.268 yang diterima sebanyak 34 mahasiswa dengan skala 1:96. Sementara Pada kelompok SAINTEK yang paling ketat dan banyak pendaftarnya adalah Prodi Ilmu Komputer sebanyak 1.142 yang diterima hanya 18 mahasiswa dengan skala 1:63. Untuk Prodi SOSHUM memiliki Pendaftar terbanyak adalah Prodi Psikologi sebanyak 3.678 Peserta yang menerima mahasiswa 108 dengan skala 1:34.


Kegiatan ini pun tidak terlepas dari tanggapan dan harapan mahasiswa yang mengikuti ujian mengenai Pelaksanaan UTBK SBMPTN UNJ 2022. “Pelaksanaan UTBK di UNJ ini terorganisir, disiplin dan rapih. Diharapkan semoga yang sekarang ditingkatkan lagi menjadi lebih baik dan bisa disiplin lagi,” tuturnya.


Kementerian Pendidikan, Prof. Nizam pun melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Jakarta untuk meninjau langsung lokasi UTBK yang berada pada lantai 5 Gedung Dewi Sartika UNJ, sebagai bentuk pengawasan tergadap pelaksanaan UTBK pada acara Media Center UTBK 2022 Universitas Negeri Jakarta.


Pelaksanaan UTBK SBMPTN di lingkungan UNJ berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan tata tertib yang telah ditetapkan. Diharapkan pelaksanaan UTBK di Universitas Negeri Jakarta pada gelombang selanjutnya dapat berjalan dengan lebih baik lagi, dalam segi prosedur ujian, pengawasan, maupun penerapan protokol kesehatan. SigmaTV/Rosmalina




27 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua