Warna Lain UNJ dan Ide-Ide Luar Biasa



SIGMA TV UNJ - TED adalah sebuah organisasi media edukasi di Amerika yang biasa mengadakan konfrensi talkshow untuk orang-orang berbagi ide-ide luar biasa. Dalam semangat membagikan ide-ide luar biasa, TED memberikan lisensi bagi siapapun, baik itu organisasi, kota, maupun institusi untuk mengadakan acara TED mereka sendiri yang dikenal dengan TEDx, sebuah konfrensi TED secara independen dari pihak tertentu yang dapat diadakan di seluruh dunia. TEDxUNJ merupakan TEDxTalk milik UNJ sendiri.

Diadakan pada Jumat (26/03/21) dan Sabtu (27/03/21), acara ini mengusung tema “Manifesting True Color” dengan makna ingin menunjukkan warna lain dari UNJ yang orang lain tidak tahu, baik dari bidang pendidikan, bidang filsafat, bidang entrepreneurship, bidang social media, bidang psikologi, serta bidang pageant. TEDxUNJ bertujuan menyediakan wadah untuk menyebarkan ide-ide luar biasa, rumah untuk pulang, tempat untuk speak up, tempat untuk mengemukakan pendapat di kampus sendiri yang berpotensi ditonton oleh orang-orang dari seluruh dunia.

“Jadi, kita mau menunjukkan warna lain selain warna hijau yang ada di UNJ, makanya kita sebutnya Manifesting True Color," jelas Rachel Emmanuella selaku Co-Founder dan Lead Organizer.

Diadakan di masa pandemi tentu acara ini bergantung kepada teknologi dan internet. TEDxUNJ sendiri sempat mengalami kendala seperti mati listrik dan gangguan koneksi internet. Meskipun begitu, akhirnya segala kendala dapat teratasi dan acara dapat dilanjutkan.



Sebelumnyaa, TEDxUNJ mengadakan proses kurasi untuk mencari speaker-speaker terpilih. Proses ini mencakup dua tahap, yaitu memanggil orang-orang yang sudah ahli di bidangnya dan mengadakan Speakers Wanted untuk mencari calon pembicara 2021 dan pembicara potensial untuk tahun berikutnya. Kemudian, melakukan pre-recording untuk ditayangkan di hari H acara.

"Tedx itu bukan sekadar webinar biasa, yang membedakan TEDx dengan 'webinar-webinar' lainnya adalah TEDx itu seperti monolog yang membagikan ide-ide pembicaranya," tambahnya.

Pembicara-pembicara yang terpilih sudah memenuhi kriteria dan tiga aspek yang telah ditentukan, yaitu seberapa layak idenya dibagikan ke khalayak, keabsahan ide tersebut, serta latar belakang dari pembicara sesuai dengan ide yang mereka bagikan. Para pembicara yang hadir pada TEDxUNJ sendiri, antara lain:

- Salamun Abdul Rahman S.PSI, alumni dari Fakultas Psikologi UNJ dan seorang konselor di Al-Wafi Boarding School.

- Salma Nabilah, alumni FIP sekaligus brand eksekutif di Young On Top dan penerima Beasiswa Bank Indonesia 2020.

- Rakha Ramadhana, A.B., S.Pd, pemenang Mahasiswa Berprestasi UNJ 2017 dan mahasiswa S2 dari Graduate Institute of Digital Learning and Education di National Taiwan University of Science and Technology.

- Shandy Aditya, BIB, MPBS, dosen di UNJ dan pendiri dari tandatangan.io.

- Bagus Tito, S.Pd, Koordinator Pusat BEM SI 2016.

- Dr. Ifan Iskandar, M. Hum., Wakil Dekan dari FBS.

- Luna Maryen, S. Pd, Miss Persahabatan 2018 dan Miss Papua 2018.

- Terakhir, Israel Yudhistira, seorang seniman.

Diharapkan dengan diselenggarakannya acara ini mahasiswa UNJ memiliki portofolio, kebanggaan, dan prestise bahwa mereka pernah memiliki event TEDx sendiri dalam kanal lingkup internasional. R/S.

38 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua