top of page

Business Exhibition Wirawiri UNJ 2023: Wadah Antusiasme Mahasiswa dalam Berwirausaha

SIGMA TV UNJ — Kamis (16/11/2023) Program Wirausaha Merdeka merupakan bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia. Dalam program ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar sekaligus mengembangkan dirinya menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di tahun 2023 ini, Universitas Negeri Jakarta turut terpilih menjadi pelaksana Program Kewirausahaan Merdeka yaitu Wira Wiri UNJ, Wirausaha Merdeka, Wirausaha untuk Negeri.




Ada tiga tahapan dalam program Wirausaha Merdeka ini, yaitu pre-immersion, immersion, dan post immersion. Kini, program tersebut sudah mencapai tahapan post immersion yang menghelat Demo Day sebagai acara puncaknya. Acara ini berlangsung selama dua hari mulai dari Kamis 16 November 2023 sampai Jumat 17 November 2023. 


"Program Wirausaha Merdeka bertujuan untuk memotivasi dan mendorong mahasiswa yang berkompetensi atau berminat dalam kewirausahaan untuk merealisasikan ide bisnisnya," ujar Terrylina Arvinta Monoarfa selaku ketua pelaksana dari Business Exhibition Wirawiri UNJ 2023. 


Dalam program ini, peserta akan mendemonstrasikan bisnis, produk, atau jasa mereka untuk diperkenalkan kepada konsumen sehingga menghasilkan profit yang dapat mereka manfaatkan untuk mengembangkan bisnis yang mereka miliki. Program ini turut menghadirkan tokoh pengusaha yang diharapkan dapat memotivasi semangat para peserta dalam berwirausaha dan menambah pengetahuan mahasiswa mengenai dunia kewirausahaan.


Dalam acara puncak ini banyak booth yang dibuka dengan berbagai variasi produk yang ditawarkan berupa food and beverage, craft, fashion, jasa, dan aplikasi digital. Berbagai booth ramai dikunjungi oleh para civitas akademika UNJ maupun masyarakat umum. Melihat hal tersebut, Anwar Sanjaya, seorang wirausahawan dan selebriti yang menjadi bintang tamu mengungkapkan bahwa potensi yang dimiliki oleh para peserta sangat luar biasa karena produk yang mereka tawarkan memiliki inovasi yang tak kalah dari wirausahawan yang sudah berpengalaman. 


Sebagian peserta dan pengunjung merasa program ini cukup berhasil, namun banyak peserta merasa perlu melakukan beberapa pembenahan, mulai dari sumber daya manusia, inovasi dan kreativitas dalam membuat produk, hingga pendanaan serta strategi untuk menarik perhatian konsumen untuk menggunakan produk yang dimiliki.


Rektor  Universitas Negeri Jakarta, Bapak Komarudin, juga turut memberikan tanggapannya terhadap berlangsungnya acara ini.  "Kalau dari pernyataan perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tadi, program ini sudah termasuk unggul dan terbaik. Tapi saya tidak bisa menilai dari dalam, namun dari pihak kementerian menilai ini sudah termasuk unggul dan terbaik yang menandakan bahwa program ini sudah berhasil," ujarnya. Selanjutnya, Komarudin juga berharap bahwa program ini dapat mendukung upaya  peningkatan akreditasi dan peningkatan prestasi di bidang kewirausahaan. 


Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut ditutup dengan pertunjukan live music dari band Utopia yang menarik animo banyak mahasiswa untuk mendatangi Business Exhibition Wirawiri UNJ 2023. Walaupun telah usai, semangat mahasiswa dalam berwirausaha diharapkan akan terus ada sehingga di masa yang akan datang akan bermunculan wirausaha yang menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri maupun orang lain. SIGMA TV/Aura



11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page