CHARACTER BUILDING UNJ 2022: KOLABORASI WR III UNJ dan FKG

Diperbarui: 31 Jul


SIGMA TV UNJ - Pada tanggal 21-23 Juli 2022 Wakil Rektor III Universitas Negeri Jakarta bekerja sama dengan Forum Komunikasi Gedung G (FKG) dalam menyelenggarakan program pendidikan karakter 2022 dengan mengusung tema “Cerdas berkarakter aktif berkarya”. Program ini dilaksanakan secara luring yang berlokasi di Cikole, Bandung, Jawa Barat.


Program ini diselenggarakan dengan tujuan sebagai pembinaan karakter mahasiswa ketika memegang peranan sebagai pimpinan mahasiswa untuk dapat menangani permasalahan di setiap unitnya. Pembinaan karakter ini memiliki manfaat yang lebih memfokuskan kepada anggota ormawa dan opmawa tingkat universitas yang berkemungkinan besar di tahun selanjutnya akan menjabat sebagai BPH di unit nya masing-masing agar dapat mengenal satu sama lain. Peserta juga diberikan sebuah materi-materi dasar yang sifatnya keroganisasian, seperti norma dan etika, berpikir kritis, multikulturalisme, dan manajemen event.


Kegiatan ini diikuti oleh 24 dari 25 UKM gedung G UNJ dengan masing-masing unit mengirimkan minimal 3 perwakilan. Pendidikan karakter ini ditujukan kepada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang telah terdaftar sebagai anggota Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat universitas. Terdapat 65 peserta, 11 panitia, dan perwakilan dari WR III dan BAKHUM. yang berpartisipasi dalam program tersebut. Diketahui bahwa akomodasi transportasi mahasiswa dan pihak-pihak yang mengikuti program ini, antara lain mobil pribadi dan 2 bus.


Pendidikan karakter ini merupakan sebuah program lanjutan yang diadakan setiap setahun sekali sebagai bekal untuk mahasiswa pada pengurusan selanjutnya. “Jadi, WR III memiliki program pengembangan kapasitas ormawa dan opmawa dan sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Di tahun 2021 sempat terhenti karena terkendala covid jadinya online dan di tahun 2020 juga secara online”, ungkap Esa Islami selaku panitia operasional Pendidikan Karakter 2022.


Terdapat berbagai kegiatan bermanfaat yang dilakukan selama berlangsungnya program ini, yaitu penyampaian materi, malam keakraban, games, serta outbound. Salah satu peserta yang mengikuti program ini mengungkapkan kesan dan pesan yang baik. “Selama mengikuti mendapat pengalaman baru, teman baru dari gedung G, selain itu karena konsep program ini berbentuk kemah jadi dibutuhkan kerja sama tim, dan pengalaman baru tentang event organizer”, Ungkap Rachmayani dari UKM KSPA, peserta Pendidikan Karakter 2022.


Para peserta pada program pendidikan karakter tahun ini memiliki antusiasme yang sangat positif lantaran dari panitia memiliki konsep yang berbeda dan capaian untuk peserta juga diubah. Di mana tahun 2019, pendidikan karakter dibina oleh TNI yang berlokasi di daerah komplek Halim Perdana Kusuma. Namun, di tahun 2022 program ini membebaskan peserta untuk berekspresi, sehingga panitia dapat mengetahui antusiasme peserta dalam berkegiatan. Pihak penyelenggara pun mempunyai harapan yang tinggi pada program ini. “Semua ormawa dan opmawa ikut program ini dan setelah dibina mahasiswa dapat mengimplementasikannya,” ungkap Uded Darussalam, S.Pd., M.AP. selaku kepala Biro Akademik dan Hubungan Masyarakat.


Dengan diselenggarakannya program pendidikan karakter ini diharapkan mahasiswa dapat mempererat tali silaturahmi sesama warga gedung G sehingga dapat menciptakan kolaborasi karya yang bermanfaat. (Sigma TV UNJ/Shafna Aulia)


18 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua