top of page

Hasil Pemilihan Rektor UNJ Periode 2023-2027


SIGMA TV UNJ ⎯ Telah dilaksanakan pemilihan rektor Universitas Negeri Jakarta periode 2023-2027 pada hari Senin, 17 Juli 2023. Acara ini diselenggarakan secara tertutup, bertempat di Aula Latief, Gedung R. Dewi Sartika Kampus A Universitas Negeri Jakarta dan live streaming. Berdasarkan hasil perhitungan suara, Senat UNJ menetapkan Prof. Dr. Komarudin, M.Si sebagai rektor terpilih dengan jumlah suara sebanyak 82 dari 112 suara. Sedangkan suara terbanyak nomor dua dimiliki oleh Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si dengan perolehan 30 dari total 112 suara. Sedangkan perolehan suara terendah oleh Dr. Muhammad Yusro, Ph.D dengan total 0 suara.


Di sisi lain, lobby Humas UNJ tampak dipenuhi oleh civitas akademika UNJ lainnya seperti dosen, mahasiswa dan karyawan yang menyaksikan pemilihan rektor dengan antusias. Mereka berharap rektor periode selanjutnya dapat lebih bertanggung jawab dalam membawa UNJ ke arah yang lebih baik lagi.


“... Terkait dengan pendanaan harap ditransparansi dengan baik, lalu juga berbagai macam masalah di UNJ salah satunya ada pelecehan seksual atau asusila perlu dipertegas dan dibawa ke ranah yang lebih serius lagi, jangan sampai problem ini nge-stuck di mahasiswa saja tapi harus ditindaklanjuti. Selain itu juga dari fasilitas, sarana dan prasarana, dan juga UKT banyak sekali yang protes bahwasanya apa yang mereka terima hak yang mereka ingin dapatkan tapi tidak sesuai dengan apa yang mereka keluarkan. Kurang lebih seperti itu dari harapannya …” jelas Ilham Maulana selaku kepala departemen dalam negeri BEM UNJ.


Sebelum dilakukannya agenda inti pemilihan rektor, tim Senat UNJ menjelaskan peraturan dan tata cara selama proses pemilihan berlangsung agar acara dapat berjalan lancar. “Dalam pemilihan rektor, 74 anggota Senat memiliki hak suara sebanyak 65% dan menteri pendidikan memiliki hak suara sebanyak 35% atau setara dengan 40 suara.” ungkap Prof. Dr. Hafid Abbas, selaku ketua Senat UNJ.


Dalam sambutannya, Prof. Dr. Hafid Abbas mengatakan, “Siapapun yang terpilih dari 3 calon terbaik itu, mudah-mudahan, insyaAllah, dapat memimpin dan memajukan UNJ menciptakan iklim kehidupan kampus yang semakin harmonis, semakin kondusif, untuk mencapai tahapan-tahapan rencana strategis menuju UNJ yang unggul dan berprestasi di tingkat nasional, kawasan, dan global.”


Dengan terpilihnya Prof. Dr. Komarudin, M.Si, menandakan beliau telah menjabat menjadi rektor UNJ selama dua periode. Dan pada periode ini, Prof. Dr. Komarudin, M.Si mempunyai visi “Menuju Reputasi Dunia” dan memiliki misi "Menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi yang Unggul dan Bereputasi Dunia". Serta memiliki tagline “Great Reputation to Enlighten the Nation and the Globe” yang sesuai dengan moto UNJ.


“Persamaannya adalah kita mendukung kebijakan pemerintah dan membangun tata kelola UNJ harus lebih baik lagi. Lalu perbedaannya adalah kita menjadi PTN-BH kemudian kita menuju world class university, sehingga kita harus bekerja lebih keras lagi …” ungkap Prof. Dr. Komarudin, M.Si dalam wawancaranya. SIGMA TV/Amelia Oktaviani




52 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page