top of page

Membangun Generasi Wirausaha Tangguh: Keberhasilan Program Mahasiswa Wirausaha dan PMW EXPO di UNJ



SIGMA TV UNJ — Sebagai tonggak penting dalam perjalanan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), telah diselenggarakan pada Senin, 13 November 2023. PMW Expo UNJ merupakan sebuah pameran produk usaha mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang telah melewati proses seleksi hingga tersaring 50 proposal bisnis terbaik dan mendapatkan dana hibah dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni melalui Program Mahasiswa Wirausaha UNJ 2023. 


Dengan mengusung tema "Building a Sustainable Future: Innovating for the SDGs through Entrepreneurship" pameran ini tidak hanya sebatas wadah untuk memamerkan produk mahasiswa, tetapi juga merupakan panggung bagi ide-ide kreatif yang mendorong tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs).PMW UNJ, sebagai bagian dari strategi pemerintah dalam mengembangkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa, telah berhasil memfasilitasi proses penciptaan ide-ide kreatif dan inovatif sebuah produk yang memiliki nilai jual oleh mahasiswa. Program ini memberikan bekal kepada mahasiswa yang berkeinginan untuk belajar dan membangun usaha, menciptakan calon wirausahawan yang sukses dan profesional.

PMW Expo 2023 memberikan panggung  eksklusif bagi mahasiswa yang berhasil lolos seleksi di 50 besar untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka dengan dana yang dihibahkan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sebagai penghargaan atas dedikasi dan inovasi yang telah mereka persembahkan. 


“Kegiatan ini tidak hanya menjadi profit pribadi, akan tetapi fokus terhadap dampak sosial dan lingkungan. Selain itu, usaha mahasiswa harus berbasis dan selaras dengan 17 Tujuan global ya yaitu sustainable capaian dari PBB seperti disampaikan oleh laporan.” ujar Bapak Prof. Dr. Sarkadi, M.Si, Wakil Rektor III UNJ Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.


Beliau menekankan bahwa Program Mahasiswa Wirausaha ini tak hanya menjadi ajang pameran, melainkan sebuah pernyataan tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan. Tema "Building and Sustainable Future" mencerminkan komitmen para peserta untuk menciptakan produk yang tidak hanya menghasilkan profit pribadi, tetapi juga memperhatikan dampak sosial dan lingkungan, sejalan dengan 17 tujuan global. 



PMW Expo 2023 dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Sarkadi, M.Si, Wakil Rektor III UNJ Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Acara dilanjutkan dengan sesi exclusive pitching produk dari 10 tim terpilih, menyoroti inovasi dan kreativitas yang menjadi daya ungkit para mahasiswa UNJ.


Dengan adanya PMW Expo UNJ 2023, harapan peserta mampu memahami pengembangan kewirausahaan dan meningkatkan jiwa kreativitas dalam berwirausaha. Acara ini menjadi bukti nyata bahwa mahasiswa UNJ tidak hanya berkompeten di lingkup kampus, tetapi juga mampu bersaing dan berinovasi di tingkat nasional maupun global. Dari PMW Expo yang diadakan nantinya akan ada monitoring dan evaluasi kedepannya, dan rencana untuk PMW selanjutnya. 

Nur Aulia/SIGMA TV.





61 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page