top of page

PENMABA UNJ 2023: Dilaksanakan Secara Hybrid Dengan 30% Kuota.



SIGMA TV UNJ – Universitas Negeri Jakarta resmi membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri, yakni PENMABA (Penerimaan Mahasiswa Baru) pada 23 Mei 2023 sampai 27 Juli 2023. Jumlah kuota pendaftar yang dapat diterima UNJ sekitar 8.000 orang. Dari total keseluruhan peserta, UNJ menerima kuota PENMABA sebesar 30%, yaitu sekitar 2.000 orang yang nantinya akan ditetapkan sebagai calon mahasiswa UNJ 2023.


Berbeda dengan pelaksanaan tahun lalu, dimana seluruh calon mahasiswa baru melakukan ujian mandiri secara daring melalui portal resmi UNJ. Pada tahun ini, ujian mandiri akan dilaksanakan secara hybrid. Bagi calon mahasiswa baru yang berdomisili di pulau Jawa, akan melaksanakan ujian tulis berbasis CBT (Computer Based Test) secara luring dengan menghadiri lokasi ujian yang berlokasi di Jakarta (UNJ, SMKN 1, SMAN 40, dan SMAN 50) dan Cirebon (SMKN 1 Cirebon), sedangkan bagi mereka yang berdomisili di luar pulau Jawa, akan melakukan ujian tulis berbasis CBT secara daring dari kediaman masing-masing. Pelaksanaan ujian yang dilakukan secara luring, dilakukan dengan tujuan agar dapat mengontrol serta memastikan ruang dan kondisi ujian para calon mahasiswa baru. Penyelenggaraan ujian yang berlokasi pada dua kota juga bertujuan untuk memudahkan para calon mahasiswa baru, karena berdasarkan data tahun lalu, pendaftar terbanyak berasal dari Jabodetabek dan kota Cirebon.


Pelaksanaan ujian tulis berbasis CBT yang dilakukan secara luring, dilaksanakan melalui dua gelombang, dimana setiap gelombang memiliki rentang waktu selama 5 hari. Gelombang pertama akan dilaksanakan pada 3 Juni 2023 sampai 7 Juni 2023, sedangkan gelombang dua dilaksanakan pada 10 Juni 2023 sampai 14 Juni 2023. Lain halnya, ujian tulis berbasis CBT yang dilakukan secara daring hanya akan dilakukan selama dua hari, uji coba dilaksanakan pada 15 Juni 2023 dan CBT daring pada 16 Juni 2023.


Sistem yang disiapkan oleh pihak penyelenggara untuk ujian tulis berbasis CBT secara daring tentunya juga berbeda dengan tahun lalu. Pada tahun lalu, jika para peserta memiliki kendala jaringan dan terpaksa keluar dari situs ujian, jawaban tidak akan tersimpan secara otomatis. Pada tahun ini, peserta tidak perlu merasa khawatir jika terjadi kendala jaringan, karena dengan sistem yang telah diperbarui jawaban akan tersimpan secara otomatis.


Sistem juga dirancang lebih baik, agar para peserta tidak dapat membuka dan mencari peramban lain demi meminimalisir tindak kecurangan. Penggunaan situs ujian juga dibagi menjadi beberapa hari dan sesi, agar tidak terjadi overload, yang mengakibatkan server down. Baik ujian yang dilakukan secara daring dan luring, digunakan sistem baru yang sama, perbedaan nya hanya pada tahap pemeriksaan yang akan dilakukan pada peserta ujian luring. Materi ujian yang dikeluarkan pada tahun ini, lebih menekankan pada penalaran berpikir dibanding dengan materi, yakni meliputi Tes Pengukuran Kognitif, Penalaran Matematika, Literasi Bahasa Indonesia, dan Literasi Bahasa Inggris. Selain CBT, seleksi PENMABA juga mengeluarkan ujian keterampilan bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar pada beberapa program studi seperti keolahragaan, seni rupa, seni tari, dan seni musik. Ujian keterampilan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2023, dan dilakukan secara luring dengan lokasi ujian di UNJ.


Pada pendaftaran PENMABA tahun ini, biaya yang harus dibayar para calon mahasiswa sebesar Rp 300.000, biaya tersebut diluar dari biaya uji keterampilan. Untuk biaya uji keterampilan sendiri, yaitu sebesar Rp 300.000 per pilihan prodi keterampilan, dengan ketentuan jika peserta memilih lebih dari satu program studi serumpun, maka biaya tetap sama yakni Rp 300.000. Namun, jika peserta memilih dua program studi yang masing-masing memerlukan uji keterampilan yang berbeda, maka biaya uji keterampilan adalah Rp 600.000.


Selain biaya pendaftaran, pada laman pendaftaran terdapat pula keterangan mengenai kesediaan para calon mahasiswa dalam mengisi SPU (Sumbangan Pembangunan Universitas). Berdasarkan SK Rektor UNJ No.622/UN39/HK.02/2022, pilihan besaran SPU dimulai dari Rp 0 untuk semua program studi, bagi prodi istimewa (Sastra Inggris, Ilmu Komputer, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Psikologi) serta prodi pada FT dan FMIPA, pilihan SPU berakhir pada angka ≥ Rp 20.000.000, sedangkan pada prodi pada fakultas FIP, FBS (selain Sastra Inggris), FIS (selain Ilmu Komunikasi), FE (selain Akuntansi dan Manajemen), dan FIK pilihan SPU berakhir pada angka ≥ Rp 12.000.000. SIGMA TV/Nasva.


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page